ilustrasi


Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran
opini | Kamis | 14 Mei 2020 | 18:02:08
Redaktur : wisly | Penulis : Mukhtar SPd SD

Pembelajaran  merupakan  interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, agar siswa dan guru dapat saling bertukar informasi. Pembelajaran juga berfungsi  untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan baik serta usaha guru dalam  mewujudkan  perubahan tingkah laku pada diri siswa, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru.

Pembelajaran juga sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengimplementasikan pengetahuan baru. Hal ini perlu adanya kemampuan guru dalam menerapkan proses pembelajaran yang bermakna, serta pentingnya peran dari seorang guru yang menjadi kunci keberhasilan pendidikan yang ingin dicapai.

Profesi guru merupakan profesi yang membutuhkan kreativitas, inovasi dan kinerja serta kerja keras untuk membangun generasi bangsa yang berkualiatas. Oleh karna itu, sebagai guru hendaknya mengetahui berbagai hal yang menghambat kegiatan pembelajaran tidak optimal, di antaranya memahami karakter siswa. 

Siswa memiliki karakter sendiri, yang tidak dapat disamakan dengan orang lain, guru harus menemukan persamaannya serta memahami karakteristik siswa yang ada di kelasnya untuk menunjang penerapan model dan metode pembelajaran, perumusan strategi pendekatan yang diterapkan dan lain sebagainya. 

Selain itu sikap dan perilaku juga merupakan  bagian dari karakter yang dimiliki oleh siswa, tetapi ini lebih di fokuskan lagi karena dari semua karakter yang dimiliki oleh siswa, sikap dan perilakulah yang paling berpengaruh dan mempengaruhi budaya siswa di sekolah.

Guru juga hendaknya menemukan bakat dan minat siswa. Penyaluran bakat dan minat siswa secara tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaliknya akan menimbulkan masalah bagi guru, sekolah dan siswa itu sendiri jika hal tersebut tidak diketahui. 

Siswa yang terpendam bakat dan minatnya pada umumnya menjadi siswa yang agresif, melawan dan suka melakukan tindakan-tindakan negatif yang melanggar tata tertib sekolah. Gejala kenakalan siswa sebaiknya tidak direspon secara negatif tetapi patut diapresiasi dengan baik dan dilakukan pencegahan sehingga tidak menimbulkan bentuk kenakalan baru. 

Perlunya pengetahuan guru tentang memahami tingkat daya serap siswa yang rendah terhadap materi pelajaran akan memudahkan guru, dalam merancang alokasi waktu belajar, dan lain sebagainya. Guru sebaiknya dapat menemukan strategi yang tepat yang dapat mendorong siswa memaksimalkan kemampuannya menerima dan menyerap materi yang diajarkan. 

Guru harus membangun kedisiplinan siswa agar pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kedisiplinan merupakan faktor penentu keberhasilan pembelajaran, disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap tugas yang diberikan, disiplin terhadap proses pembelajaran dan lain sebagainya. Mengajar di kelas yang siswanya memiliki tingkat kedisiplinan tinggi lebih menyenangkan dibandingkan dengan mengajar di kelas yang memiliki disiplin rendah.  
Guru juga harus mampu memancing siswa mereka agar menjadi aktif sehingga  materi yang diajarkan akan dapat diterima oleh siswa dengan baik dan menyenangkan. Guru juga harus menemukan solusinya, agar pembelajaran tidak membosankan, cara bagaimana guru berkomunikasi dengan  jelas, materi yang sesuai, atau pengaturan meja dan kursi agar kegiatan pembelajaran  menyenangkan dan siswa terlihat kreatif dalam proses tersebut. 

Keberhasilan pembelajaran antara lain tentang keyakinan siswa pada guru. Keyakinan kepada guru dalam menguasai materi sehingga mendorong mereka mencintai pelajaran yang anda ajarkan. Guru juga hendaknya memberikan  pujian agar siswa termotivasi untuk belajar hal ini merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran.

Guru sangatlah berperan penting dalam mewujudkan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada satuan pendidikan. Guru hendaknya mampu untuk membuat berbagai teknik agar pembelajaran dapat tercapai dengan baik, guru juga harus  kreatif dalam merancang pembelajaran yang akan dilaksanakan dikelasnya dengan berbagai variasi baik itu metode  mengajarnya, penggunaan media pembelajarannya, penggunaan alat peraganya, pemanfaatan lingkungan sekolah, masyarakat dan tempat-tempat lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran akan lebih kongkrit dan siswa melihat secara langsung dan mengalami proses tersebut.

Untuk itu dalam meningkatkan pembelajaran yang baik dan berkualitas serta memperoleh hasil sesuai dengan apa yang diinginkan dan mencapai tujuan pendidikan maka guru sangatlah berperan penting sehingga seorang guru hendaknya mampu mengembangkan inovasi serta meningkatkan kualitas jati dirinya dengan berbagai cara seperti mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru baik dalam merancang pembelajaran, membuat alat peraga, membuat inovasi lainnya sehingga dengan demikian akan meningkatnya kualitas dalam proses pembelajaran dan akan membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menciptakan siswa yang kreatif. *

Mukhtar SPd.SD
SDN 21 Bantan, Kabupaten Bengkalis
 


Berita Lain..



50 OTG Positif Corona di Pekanbaru Isolasi Mandiri
pekanbaru | Selasa , 11 Agustus 2020

TelkomGrop Minta Maaf Atas Gangguan Layanan
etalase | Selasa , 11 Agustus 2020